Kesadaran lingkungan merupakan sikap untuk memahami pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih. Pendidikan tentang kesadaran lingkungan memerankan peran penting dalam mengubah sikap dan persepsi manusia tentang masalah lingkungan untuk jangka pendek dan panjang.  Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kesadaran lingkungan siswa sekolah dasar di pembelajaran non formal melalui proses pembelajaran IPA berbasis laboratorium. Proses pembelajaran IPA dengan memanfaatkan media arang sekam dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan tatap muka. Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa belajar dan berlatih mengaplikasikan pemanfaatan arang sekam yang ramah lingkungan. Perolehan data dilakukan menggunakan instrumen penilaian berupa lembar angket yang menggunakan 3 indikator kesadaran yang masing-masing merupakan suatu tahapan dan menunjuk pada tingkat kesadaran tertentu, mulai dari yang terendah hingga tertinggi, antara lain: pengetahuan, sikap, dan pola perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan kesadaran lingkungan yang tinggi ketika melihat permasalahan lingkungann yang terjadi. Pembelajaran IPA berbasis laboratorium alam dengan memanfaatan arang sekam dapat menanamkan dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian siswa terhadap lingkungan. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022