Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 3 (2022)

ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMBACA HASIL PENGUKURAN ALAT UKUR DASAR JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Mulya Dwi Putra (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati Ramlawati (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Aqil Rusli (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Kemampuan peserta didik membaca hasil pengukuran alat ukur dasar merupakan penelitian yang dilakukan dengan pendekatan survey. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik membaca hasil pengukuran alat ukur dasar kelas VIII SMPN se Kecamatan Mamajang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini diambil dari 2 SMPN dengan pengambilan sampel secara random sampling class dengan rumus slovin yaitu jumlah 274 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes essay secara online melalui platform google form sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan peserta didik membaca hasil pengukuran alat ukur dasar kelas VIII SMPN 1 Makassar dengan rata-rata skor 21,76 persentase 54,41% (kurang), SMPN 3 Makassar rata – rata skor 20,63 persentase 51,59% (sangat kurang) dan kelas VIII SMPN se Kecamatan Mamajang memiliki rata – rata skor 21,21 persentase 53,03% (sangat kurang).

Copyrights © 2022