Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 3 (2022)

HUBUNGAN ANTARA SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BARRU

Nurlaelah Nurlaelah (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Muh. Tawil (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati Ramlawati (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui: (1) tinggi tingkat sikap ilmiah kelas VIII SMPN 2 Barru, (2) tinggi tingkat keterampilan proses sains kelas VIII SMPN 2 Barru, dan (3) ada tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap ilmiah dengan keterampilan proses sains peserta didik pada pelajaran IPA kelas VIII SMPN 2 Barru. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan sampel sebanyak 94 peserta didik dari 122 populasi. Instrumen berupa angket sikap ilmiah dan tes keterampilan proses sains berupa soal pilihan ganda melalui link google form yang sudah divalidasi. Analisis kevalidan menerapkan analisis gregory, sikap illmiah dan keterampilan proses sains memperoleh koefisien konsistensi 100% maka instrumen tersebut memiliki tanggapan konsistensi yang kuat. Teknik analisis data yaitu deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian ditemukan: (1) Sikap ilmiah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Barru memiliki rata-rata skor keseluruhan sebesar 84,06 termasuk dalam kategori tinggi, (2) Keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMPN 2 Barru memiliki rata-rata skor keseluruhan sebesar 10,44 termasuk dalam kategori rendah, dan (3) terdapat hubungan positif tetapi tidak signifikan antara sikap ilmiah dengan keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII SMPN 2 Barru

Copyrights © 2022