JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 10 No. 3 (2022): JE. Vol 10 No 3 (2022)

STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PEDAGANG DAN PENGUNJUNG PADA PASAR RAKYAT TOMBATU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

Anggiresta Putri Samaria Pangau (Universitas Sam Ratulangi)
James D.D Massie (Universitas Sam Ratulangi)
Debry Ch.A Lintong (Universitas Sam Ratulangi)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Pasar tradisional sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan merupakan tulang punggung perekonomian yang tidak bisa dibiarkan. Pengelolaan Pasar Rakyat Tombatu terutama strategi pengembangan pasar sebagai upaya peningkatan kepuasan pedagang dan pengunjung sebagai konsumen menjadi fokus penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat dalam pengembangan pasar tradisional sebagai upaya peningkatan kepuasan pedagang dan pengunjung pasar Rakyat Tombatu. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis melalui tahap matriks IFAS dan EFAS, diagram SWOT, dan matriks SWOT dapat diketahui bahwa jenis-jenis strategi yang tepat yang dapat diterapkan Pasar Rakyat Tombatu adalah strategi integrasi ke belakang, strategi penetrasi pasar, strategi integrasi horizontal, strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar, dan strategi modernisasi pasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...