Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2020: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Rohmah, Tinike Faizatur (Unknown)
Sumardi, S (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena di mana siswa kesulitan dalam mengomunikasikan ide-ide matematika baik secara lisan, tertulis, gambar ,maupun grafik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan 3 indikator yaitu a) kemampuan menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide-ide matematika, b) kemampuan menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika secara lisan, tertulis dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar, c) membuat konjektur, menyusun argumen, merumuskan definisi, dan generalisasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan tes diikuti oleh 30 siswa dengan 3 butir soal yang sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis yang kemudian diambil 6 siswa berdasarkan nilai tes yang terdiri dari 2 siswa dengan nilai tes tertinggi, 2 siswa dengan nilai tes sedang, dan 2 siswa dengan nilai tes rendah guna untuk melaksanakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan skor nilai tinggi mampu memenuhi 3 indikator kemampuan komunikasi matematis yang diberikan. Siswa dengan skor nilai sedang mampu memenuhi 2 indikator dari 3 indikator yang diberikan. Siswa dengan skor nilai rendah mampu memenuhi 2 indikator dari 3 indikator yang diberikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...