Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2018: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Studi Analisis Perbandingan Algoritme Pathfinding pada Simulasi Unity 3D

Nuryono, Aninditya Anggari (Unknown)
Ardiyanto, Igi (Unknown)
Wibirama, Sunu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2018

Abstract

Pathfinding digunakan suatu objek untuk mencari jalur dari satu tempat ke tempat lain berdasarkan keadaan peta dan objek lainnya. Dalam pathfinding dibutuhkan algoritme yang dapat dengan cepat memproses dan menghasilkan arah yang terpendek untuk mencapai suatu lokasi tujuan. Algoritme pathfinding yang diulas adalah algoritme A*dan A* smooth Algoritme A* memiliki fungsi heuristik. Algoritme A* smooth merupakan modifikasi dari algoritme A*. Algoritme A* smooth ini bekerja dengan melakukan modifikasi raycast A*. Algoritme A* memanfaatkan node dengan petak-petak kecil. Setiap algoritme ini diimplementasikan ke dalam game object Unity 3D. Setiap game object akan bergerak secara bersamaan untuk menuju titik tujuan dengan posisi awal dan tujuan yang berbeda-beda dengan menghindari banyak halangan. Hasil uji yang didapat adalah algoritme A* smooth lebih unggul dibandingkan dengan algoritme A* dan NavMesh. Waktu tempuh yang dibutuhkan game object dengan algoritme A* smooth lebih cepat 1,6 detik dan 9,6 detik dibandingkan dengan algoritme A* dan NavMesh.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...