Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2017: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Eksperimentasi Model Pembelajaran Make A Match (MAM) Ditinjau dari Kecerdasan Emosional pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017

Sari, Putri Permata (Unknown)
Budiyono, B (Unknown)
Slamet, Isnandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran, kecerdasan emosional, dan interaksinya terhadap prestasi belajar pada materi lingkaran. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017 SMAN Kabupaten Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Data sampel dikumpulkan dengan dokumentasi, tes, dan angket, kemudian dianalisis menggunakan Lilliefors, Bartlett, ANAVA(uji kesetimbangan dan uji hipotesis), dan Scheffe. Kesimpulan hasil penelitian ini: (1) TAPPS prestasinya lebih baik daripada langsung. (2) Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi prestasinya lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional rendah, siswa dengan kecerdasan emosional sedang prestasinya lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional rendah, dan siswa dengan kecerdasan emosional tinggi maupun sedang prestasinya sama. (3a) pada TAPPS, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang maupun rendah prestasinya sama. (3b) pada langsung, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi maupun sedang prestasinya sama dan siswa dengan kecerdasan emosional sedang maupun rendah prestasinya sama. (4a) pada kecerdasan emosional tinggi dengan TAPPS maupun langsung prestasinya sama. (4b) pada kecerdasan emosional sedang dengan TAPPS maupun langsung prestasinya sama. (4c) pada kecerdasan emosional rendah dengan TAPPS prestasinya lebih baik daripada langsung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...