Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2017: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Dampak Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Konsentrasi Belajar Siswa SMP

Adinata, Yuda Candri (Unknown)
Sutama, S (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2017

Abstract

Pendidikan memiliki peran sentral dalam membangun dan memajukan suatu bangsa. Pelaksanaan pendidikan seharusnya mengarahkan siswa menjadi pribadi yang fokus dalam mengembangkan potensi diri. Matematika membutuhkan konsentrasi yang optimal dalam proses pembelajaran, sehingga dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru harus bervariasi, sehingga menarik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Menguji pengaruh strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery learning terhadap hasil belajar matematika; (2) Menguji pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika; (3) Menguji interaksi strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery learning dengan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII Semester Ganjil Tahun ajaran 2016/2017 SMP Batik Surakarta dengan populasi seluruh siswa kelas VII sejumlah 302. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimental semu (quasi experimental research). Kelas yang menjadi sampel pada penelitian ini diambil dengan metode cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Ada pengaruh antara strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Ada pengaruh tingkat konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran explicit instruction dan discovery learning ditinjau dari konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...