Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Efektifitas Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dan NHT (Numbered Head Together) Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd

Ayu Wulandari (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
Adi Winanto (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu 35 siswa di SDN Plumbon 01. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan efektivitas kedua model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian berdasarkan uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,067 > 0,05. Hal ini berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran TGT dan NHT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Plumbon 01. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT dan TGT memiliki keefektifan yang sama dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...