Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pertumbuhan Canna Indica dan Wrightia Religiosa pada Sistem FCR di WWTP II Jababeka Bekasi

Ersyad Perdana Perdana (IPB University, Bogor, Indonesia)
Erliza Noor (IPB University, Bogor, Indonesia)
Hadi Susilo Arifin (IPB University, Bogor, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Jabababeka merupakan kawasan industri terpadu yang ada Indonesia, kawasan ini menggunakan sistem Food Chain reactor (FCR) yang bertujuan untuk menjawab tantangan tentang permasalahan yang ada di di Jababeka seperti 3 R limbah B3 dan konservasi air. Penggunaan sistem FCR pada jababeka salah satu nya adalah dengan menggunakan tanaman dan bakteri sebagai cara untuk mengurangi hasil limbah B3. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) 3 faktorial deengan 3 ulangan. Pengamatan parameter tinggi tanaman, berat basah, dan berat kering tanaman, sebagai salah satu cara dalam menentukan tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik dan beradaptasi pada lingkungan WWTP II. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan tinggi tanaman di ketiga lokasi reaktor sebesar 31,6083 cm – 52,2458 cm, kemudian berat basah bertambah dari waktu ke waktu sebesar 519 -573,11 gram, dan berat kering tanaman diketiga reaktor bertambah sebesar 353,333 – 660, 208 gram,. Laju pertumbuhan tanaman menunjukkan tanaman Canna indica terjadi penurunan (perlambatan) pertumbuhan di ketiga reaktor sebesar 3, 22 – 3,24 g/hari (J1), 3,31 – 3,32 g/hari), 3,37 – 3,37 g/hari, dan Wrightia religiosa terjadi penurunan laju pertumbuhan sebesar 2,61 – 0,27 g/hari sedangkan di J2 dan J3 penurunan (perlambatan) sebesar 2,91 – 2,92 g/hari dan 3,17 g/hari – 3,19 g/hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...