KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol. 11 No. 2 (2022)

PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 3 DIMENSI TUDE THE SERIES “BULLYING”

Fikri Haikal (Universitas Pendidikan Ganesha)
Made Windu Antara Kesiman (Universitas Pendidikan Ganesha)
P Wayan Arta Suyasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)  menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan hasil film animasi 3D Tude the series Bullying. (2)  mengetahui respon masyarakat terutama anak-anak terhadap film animasi 3D Tude the series tentang Bullying. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  menggunakan jenis penelitian R&D (Research and development) dan model penelitian menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang memiliki 6 tahapan yaitu consept (pengonsepan), design (desain), materialcolecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Penelitian ini melibatkan anak-anak dengan  usia 6 hingga 12 tahun. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis yang digunakan menggunakan uji validitas ahli dan mendapat hasil untuk ahli isi sebesar 1.00, dan ahli media 1.00.  Film animasi 3D Tude the series “Bullying” merupakan film animasi 3 Dimensi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman. dalam film ini terdapat arahan dan pesan moral terkait tentang sikap bullying/perudungan yang dikemas dalam bentuk film animasi 3D Tude the series bullying.  Hasil penelitian menunjukan hasil rancangan dan implementasi konten pengembangan “Film Animasi 3D Tude The Series – Bullying” yang berhasil diterapkan berdasarkan hasil uji validasi dari ahli isi,, dan ahli media dengan nilai rata-rata 1.00 dengan kriteria Sangat Valid. Serta respon anak- anak dengan umur 6 – 12 tahun diantaranya 40% menilai sangat positif dan 60% menilai positif dengan  presentase tersebut maka film animasi 3D Tude The Series –Bullying. Kata Kunci : Film, tude, bullying.

Copyrights © 2022