KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol. 11 No. 3 (2022)

PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUTHORING TOOLS PADA MATA PELAJARAN BATIK UNTUK KELAS X JURUSAN KRIYA TEKSTIL DI SMK N 1 SUKASADA

Ni Made Pradnya Paramita Kusumawati Kusumawati (UNDIKSHA)
I Made Gede Sunarya (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nengah Eka Mertayasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Authoring Tools pada mata pelajaran batik, dan mengetahui respon dari pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari: analyze, design, development, implementation, evaluation, dengan aplikasi Articulate Storyline 3. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan instrument angket. Hasil penelitian menunjukkan untuk uji kevalidan konten pembelajaran dari hasil perhitungan validasi ahli isi, dan media-desain pembelajaran mendapatkan kriteria “Sangat Valid”. Hasil perolehan nilai N-Gain memperoleh Interprestasi “Tinggi”, hasil rata-rata respon pendidik dan peserta didik masing-masing memperoleh kategori “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan konten pembelajaran interaktif berbasis authoring tools pada mata pelajaran batik layak untuk digunakan peserta didik dalam memahami materi yang diberikan. Kata Kunci : Batik, Authring tools, Articulate Storyline 3, ADDIE

Copyrights © 2022