Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan
Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pena Volume 13 Nomor 2 November 2022

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 3 TA KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

Ichsan . (Unknown)
Elpisah . (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui bagaimana proses pembelajaran di UPT SD negeri 3 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, 2. Untuk mengetahui penggunaan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri 3   Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, 3. untuk mengetahui apakah penggunaan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V UPT SD Negeri 3 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pada mata pelajaran IPS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 rangkaian kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi ketuntasan hasil belajar pada siklus I berjumlah 7 orang atau 35% dan untuk siklus II berjumlah 19 orang atau 95%. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 70,75%, dan untuk siklus II sebesar 85,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Proses pembelajaran di UPT SD Negeri 3 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone pada kelas V  terjadi peningkatan dengan  penggunaan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, 2 penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatankan hasil belajar IPS siswa Kelas V UPT SD Negeri 3 Ta Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone pada mata Pelajaran IPS, ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II dengan skor rata-rata hasil belajar siklus I 36.6% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,32%, 3 penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan hasil belajar IPS, mendapatkan respon yang positif dari siswa kelas V di UPT SD Negeri 3 Ta. Hal ini ditunjukan dari sikap siswa yang antusias dan bersedia mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 35% dan pada siklus II meningkat menjadi 95% dari 20 siswa.  Kata Kunci: Hasil Belajar, Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah “Pena” (JIP) adalah media komunikasi ilmiah, Pemikiran serta hasil-hasil penelitian Sains dan Ilmu Pendidikan yang dilaksanakan oleh Dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar dan Peneliti dari Lembaga Pendidikan maupun Riset terkait. Jurnal ini terbit berkala enam bulanan ...