Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
Vol 19, No 2 (2022)

PREFERENSI KONSUMEN TENTANG ASPEK KARAKTERISTIK MAKANAN PKL “NASI LALAPAN” DI SUMBERSARI KOTA MALANG

Deya Anniza'ul Azizah (Unknown)
Rina Rifqie Mariana (Universitas Negeri Malang)
Nunung Nurjanah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis tingkat kesukaan dan tingkat kepentingan konsumen terhadap makanan “nasi lalapan” PKL di Kelurahan Sumbersari Kota Malang berdasarkan karakteristik makanan yang meliputi rasa, harga, tempat, nutrisi, kondimen sambal dan sayur lalap. Kemudian digunakan pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini dengan data berupa angka.  Sumber data meliputi data primer diperoleh dari kuesioner yang  telah    diisi konsumen PKL nasi lalapan dan data sekunder pada penelitian ini adalah literatur  yang mendukung penelitian dan wawancara dengan beberapa pedagang. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Subjek penelitian adalah konsumen nasi lalapan yang dijual oleh PKL dengan jumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan alur pengolahan yaitu editing, coding, entry, dan tabulating. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan  konsumen nasi lalapan  didominasi oleh laki-laki berusia 17 – 25 tahun yang sedang menempuh pendidikan sebagai mahasiswa. Tingkat kesukaan konsumen terhadap makanan nasi lalapan PKL di Kelurahan Sumbersari Kota Malang berdasarkan karakteristik makanan yang pertama adalah rasa, diikuti oleh harga berikutnya nutrisi , kondimen sambal dan sayur lalap, dan tempat. Tingkat kepentingan konsumen terhadap makanan nasi lalapan PKL di Kelurahan Sumbersari Kota Malang berdasarkan karakteristik makanan  yang dianggap sangat penting adalah rasa dan harga.  Adapun  tempat (lokasi), nutrisi, dan terahir kondimen sambal  dan sayur lalap dianggap penting.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis. ...