AbstrakMusik sebagai bagian yang integral dalam kehidupan manusia. Pengaruh musik terhadap kehidupan manusia seringkali diasosiasikan sebagai sarana dalam meningkatkan kecerdasan IQ, emosional, hingga sarana terapis. Pesepsi terkait kecerdasan manusia seringkali diasosiasikan dengan kecerdasan yang bersifat logis ataupun matematis, khususnya jika menilik metode ataupun sistem pendidikan yang ada. Tentunya m hal ini mendorong sebuah pertanyaan menganai peran kecerdasan musikal dalam meningkatkan kualitas peserta didik. Gardner, dalam teori Multiple Intelligences, menyatakan bahwa kecerdasan musikal adalah salah satu kecerdasan yang tumbuh serta ada dalam diri setiap manusia. Namun, dalam aplikasi serta implementasinya, perdebatan serta kajian tentang pengaruh musik terhadap kecerdasan manusia masih terus berkembang; mulai dari kecerdasan emosional, spasial, hingga linguistik. Penelitian ini bertujuan untuk mencari poin kesinambungan antara Multiples Intelligencesdengan pendidikan musik dengan literatur.Keywords: Multiple Intelligences, Kecerdasan Musikal, Pendidikan Musik
Copyrights © 2022