ABSTRAK Mata kuliah Kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diajarkan pada program studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengenali potensi diri, mencari dan menciptakan 
peluang usaha, serta berani mencoba berwirausaha sesuai dengan kemampuan dan bidang yang digelutinya. 
Dalam menciptakan seorang wirausaha dapat dimulai melalui pendidikan kewirausahaan yang diajarkan di perguruan tinggi, tetapi akan lebih cepat apabila pendidikan kewirausahaan juga mulai diterapkan dari keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan. Penelitian ini akan mengembangkan bahan ajar mata kuliah kewirausahaan lalu mengukur kelayakan bahan ajar dari segi kevalidan. Penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah yang disusun secara sistematis, dengan penjelasan yang mudah dipahami, dan dapat mengarahkan pengembang dari awal hingga akhir penelitian. Dalam pelaksanaannya, hanya dilakukan hingga langkah ketiga, yakni dari 1) studi pendahuluan dan pengumpulan data/informasi, 2) membuat perencanaan, 3) mengembangkan draf awal dan uji validasi atau review oleh validator. Komponen paket pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah buku ajar dan media presentasi. Paket pembelajaran Kewirausahaan berupa bahan ajar dan  media presentasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Kewirausahaan pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Kewirausahaan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022