el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 5, No 2 (2022): el-ibtidaiy

Pengembangan Video Animasi Geometri Kelas II di Sekolah Dasar

Thio Adha Pratama (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau)
Jesi Alexander Alim (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau)
Neni Hermita (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk video animasi materi geometri bangun datar untuk peserta didik kelas II sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development/R&D dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan ini memiliki 3 fase penelitian, yaitu Preliminary Research Phase, Development or Prototyping Phase, dan Assasement Phase. Setelah produk video animasi selesai dikembangkan, kemudian dilakukan tahapan validasi produk dengan 3 orang ahli. Ketiga ahli tersebut adalah ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Adapun hasil dari tahapan validasi produk ini, media video animasi mendapatkan skor rata-rata keseluruahan dari ketiga ahli yaitu 0,86 dengan kategori sangat valid. Setelah mendapatkan kategori valid pada tahapan validasi produk, kemudian dilakukan uji praktikalitas dengan guru dan peserta didik kelas II sekolah dasar untuk mengetahui tingkat kepraktisan dari produk video animasi yang dikembangkan. Adapun hasil penilaian pada tahapan uji praktikalitas dengan guru, produk video animasi mendapatkan rata-rata skor 94,86% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil penilaian uji praktikalitas peserta didik, produk video animasi mendapatkan rata-rata skor 92,84% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil dari serangkaian pengujian tersebut, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa produk video animasi yang dikembangkan ini telah memenuhi kriteria validitas dan praktikalitas. Dengan demikian, produk video animasi materi geometri bangun datar ini sudah dapat digunakan sebagai media pada pembelajaran materi bangun datar untuk peserta didik kelas II sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...