Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober 2022

INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES

Jaswo Jaswo (SD NEGERI TAMBAKROMO 01 PATI)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Pembelajaran PAI yang diselenggarakan di sekolah umumnya memiliki permasalahan metodologi dalam pembelajaran sehingga kurang dapat menarik lebih dalam belajar tentang agama Islam itu sendiri. Dengan adanya hal tersebut, dinilai perlu adanya inovasi dalam Pendidikan Agama Islam. Sebagai suatu aktifitas yang dilakukan dari semenjak lahir sampai liang lahat (HR. Ibnu Majah) pendidikan mestilah senantiasa dilakukan pembaruan (inovasi). Dalam upaya melakukan inovasi pembelajara, guru sebagai pengajar, guru menggunakan pendekatan pembelajaran dengan Multiple Intelligences (kecerdasan majemuk). Salah satu konsep yang digagas dan dikembangkan oleh Howard Gardner seorang psikolog terkemuka dari University of Harvard. Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences merupakan suatu bentuk inovasi pembelajaran yang dapat menjadi pilihan bagi guru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Mengaplikasikan pembelajaran berbasis Multiple Intellegences berarti menggunakan pendekatan interdisipliner dalam mengembangkan muatan materi pembelajaran, menggunakan multimodel pembelajaran, dan menggunakan penilaian autentik dalam evaluasi pembelajarannya. Hal ini dimaksudkan untuk mewadahi keberagaman kecerdasan yang dimiliki oleh siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...