EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Vol 4 No 2 (2022): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling

Progresivisme dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia: Studi Literatur Nilai Sepanjang Hayat, Kemanusiaan, dan Keyakinan

Ega Nasrudin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mokh Iman Firmansyah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Abstract: Literature studies on policy assessment in Indonesia have been carried out, but the extent of knowledge about these policies is still lacking in information. This article aims to find values ​​in the progressive philosophy of education policy regulation in Indonesia. Qualitative approach with literature study design used for sources with procedures for reviewing, collecting, and analyzing. The results of the study found the philosophical values ​​of the development of education policy in Indonesia. This is reinforced by the three essential values ​​of philosophy that are part of the goals of education in Indonesia. The three values ​​are being a lifelong learner, upholding human values, and strengthening beliefs. These three values ​​are accommodated in the National Education System Law number 20 of 2003, Government Regulation number 55 of 2007, and Curriculum policy of 2013. Abstrak: Studi literatur tentang pengkajian kebijakan pendidikan di Indonesia telah banyak dilakukan, namun penelusuran bagaimana irisan pemikiran filsafat yang mewarnai kebijakan tersebut masih minim informasi. Artikel ini bertujuan menggali nilai-nilai dalam filsafat progresif mewarnai regulasi kebijakan pendidikan di Indonesia. Pendekatan kualitatif dengan desain studi pustaka digunakan terhadap sumber dengan prosedur mengkaji, mengumpulkan, dan menganalisis. Hasil penelitian menemukan nilai-nilai filsafat progresif mewarnai kebijakan pendidikan di Indonesia. Hal ini dikuatkan dengan tiga nilai esensial filsafat tersebut menjadi bagian dari tujuan pendidikan di Indonesia. Ketiga nilai tersebut adalah menjadi pebelajar sepanjang hayat, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan mengokohkan keyakinan. Ketiga nilai tersebut terakomodir di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003, Peraturan Pemerintah nomor 55 tahun 2007, dan kebijakan Kurikulum tahun 2013.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Edupsycouns

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling ...