Pengawas sekolah adalah salah satu pengembang pendidikan yang bertanggung jawab atas lancarnya pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Sebagai gurunya guru, pengawas harus menyusun rencana untuk memperkuat implementasi kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian berlangsung selama enam bulan dengan melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan pengawas. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan tahapan; data kondensai, data display, dan mengambil kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum melakukan kegiatan supervisi, pengawas sekolah membuat atau menyusun perencanaan berupa program kerja pengawas seperti program tahunan, program semester, RKA dan RKM. Langkah-langkah pelaksanaan kegiatan supervisi dilakukan dengan tiga tahap yaitu pra observasi atau pra supervisi, supervisi dan pasca supervisi. Langkah-langkah tindak lanjut atau evaluasi kegiatan supervisi adalah menindaklanjuti atau melakukan refleksi terhadap kegiatan supervisi yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam evaluasi tersebut, pengawas dapat melihat dan mengetahui perubahan atau peningkatan yang dilakukan guru yang telah disupervisi, apakah sesuai dengan binaan, arahan atau solusi yang diberikan pengawas ketika supervisi berlangsung.
Copyrights © 2022