BPenelitian ini bertujuan untuk [1] mendeskripsikan pendekatan komunikatif-kontekstual untuk pembelajaran BIPA, [2] menjelaskan kearifan lokal sebagai sumber bahan pembelajaran BIPA, dan [3] menjelaskan implementasi pendekatan komunikatif-kontekstual berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran BIPA. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Sumber data penelitian ini berupa buku dan artikel jurnal. Pengumpulan data penelitian dengan cara mengumpulkan sumber data, memperdalam pengetahuan tentang topik permasalahan dan bidang strategi pembelajaran BIPA, pendekatan komunikatif-kontekstual, dan kearifan lokal. Analisis data menggunakan analisis komparasi. Validasi keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa pendekatan komunikatif-kontekstual dapat diterapkan dalam pembelajaran BIPA. Pengaplikasian pendekatan komunikatif-kontekstual dapat menambah bendahara kosa kata yang dimiliki oleh pemelajar BIPA. Selain itu, pengenalan kearifan lokal kepada pemelajar asing juga mendapatkan poin tersendiri yang mampu membangun suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan pemelajar BIPA juga mendapatkan wawasan dan ilmu yang bermanfaat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022