Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 7 No 2 (2022): JULI

Pengaruh Media Pembelajaran Real Object Terhadap Minat Belajar Anak Pada Tema Alam Semesta Di TK Kelompok B

Erena Cahya Dewi Gobel (Universitas Negeri Gorontalo)
Irvin Novita Arifin (Universitas Negeri Gorontalo)
Waode Eti Hardiyanti (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Kurangnya minat belajar yang meliputi perasaan senang, pemusatan perhatian, keterlibatan aktif dan ketertarikan dalam pembelajaran ditunjukkan oleh anak, khususnya setalah terbiasa belajar dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Real Object Terhadap Minat Belajar Anak Pada Tema Alam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian one-group pre-test dan post-test yaitu memberikan tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 20 orang anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Negeri Harapan Kota Barat Kota Gorontalo. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan minat belajar anak melalui media pembelajaran real object. Pengumpulan data pre-test dan post-test dilakukan melalui observasi menggunakan instrument penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara olah data statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata minat belajar anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh pada data pre-test dan post-test adalah 20,3 dan 35,3. Hal ini juga ditunjukkan berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel atau pvalue 0,05 yaitu thitung = 40,317 >thitung = 2,093 atau 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran real object terhadap minat belajar anak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...