Pengaruh lingkungan sangatlah besar dalam mempengaruhi pemerolehan bahasa seorang anak. Terlebih anak tersebut berada dalam tahap awal – 2 tahun – yang sangat terbuka dan menjadikan alam sekitar beserta segala aktivitasnya sebagai data utama dalam pemerolehan bahasa. Peran andil lingkungan dalam artian sempit, seperti biologis/orang tua, pengasuh, lingkungan bermain, dan geografis menjadi acuan utama dalam penelitian ini. Objek penelitiannya adalah seorang anak usia 2 tahun yang tumbuh dan berkembang dari dua latar belakang pengasuh yang berbeda meskipun sama-sama berada di Kp. Pesisir, Desa Pedaleman, Kec. Tanara, Kab. Serang, Banten. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana keadaan lingkungan mempengaruhi seorang anak dalam proses pemerolehan bahasanya. Metode yang digunakan adalah deskripsi-kualitatif dengan menggunaka data primer dari hasil observasi langsung.
Copyrights © 2020