Philanthropy: Journal of Psychology
Vol. 6 No. 2 (2022)

Model Project Based Learning terhadap Learning Plateau Mata Pelajaran Lintas Minat Era Merdeka Belajar

Ulik Arlina (Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Suroso Suroso (Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
Muhammad Farid (Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)
IGAA Noviekayati (Fakultas Psikologi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Model pembelajaran di era merdeka belajar adalah Project Based Learning (PjBL) fokus pada proyek dan melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran lintas minat perlu diwaspadai ditambah tugas yang berlebih (courseload) sehingga merasa jenuh. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui pengaruh PjBL terhadap Learning Plateau mata pelajaran lintas minat era merdeka belajar. Desain penelitian adalah eksperimen Posttest Only Design. Populasinya 4 kelas XI IPS dengan jumlah 124 siswa. Sampelnya secara cluster random sampling, berjumlah 62 siswa. Instrumen adalah skala Learning Plateau. Hasil Uji Hipotesis menunjukkan ada perbedaan signifikan Learning Plateau antara eksperimen dengan kontrol. Memiliki pengaruh Model PjBL terhadap Learning Plateau sebesar 5,99%. Learning Plateau Eksperimen lebih rendah daripada kontrol, menunjukkan hipotesis penelitian terbukti/diterima. Uji Mann Whitney U Test, menunjukkan ada perbedaan signifikan prestasi belajar Fisika antara eksperimen dengan kontrol. Nilai Fisika eksperimen lebih tinggi dari kontrol, artinya Model PjBL berpengaruh terhadap prestasi belajar Fisika siswa.Kata kunci: Kejenuhan Belajar, Model Project Based Learning, Lintas Minat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

philanthropy

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Philanthropy: Journal of Psychology includes articles on the results of applied concepts and psychology studies that are within the scope of positive psychology and mental health issues. It accepts articles that are based on the thorough and systematic examination of psychological constructs from ...