Philanthropy: Journal of Psychology
Vol. 6 No. 2 (2022)

Edukasi Literasi Digital untuk Meningkatkan Self Regulated Learning pada Mahasiswa

Rida Ayu Sestiani (Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Amida Cindy Septiana (Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Xena Puspita Putri Setiawan (Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Abdul Muhid (Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan adanya edukasi literasi digital dapat meningkatkan self regulated learning pada mahasiswa. Self regulated learning sangat penting dimiliki dalam proses pembelajaran, dimana dengan self regulated yang tinggi mahasiswa dapat membangun kebiasaan belajar yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan belajar mereka untuk menilai kemajuan akademiknya. Dengan adanya literasi digital dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan menggunakan self regulated learning mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Subjek penelitian yang digunakan ialah mahasiswa psikologi semester 4 sebanyak 30 partisipan dengan usia 19 21 tahun. Kriteria yang dimiliki yakni mahasiswa aktif angkatan 2020 serta bersedia terlibat dalam penelitian. Berdasarkan hasil proses analisis data yang dilakukan didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan pada mahasiswa sebelum edukasi literasi digital dan sesudah edukasi literasi digital dalam meningkatkan self regulated learning pada mahasiswa.  Kata kunci: Literasi Digital, Self Regulated Learning, Mahasiswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

philanthropy

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Philanthropy: Journal of Psychology includes articles on the results of applied concepts and psychology studies that are within the scope of positive psychology and mental health issues. It accepts articles that are based on the thorough and systematic examination of psychological constructs from ...