Telah dilakukan pengujian dynotest. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi berat roller terhadap torsi, daya dan efisiensi pada sepeda motor matic. Penelitian dilakukan dengan memvariasikan berat roller R sebesar 9 g, 10 g, 11 gr, dan 12 g. Hasil penelitian menunjukan awalnya sepeda motor dengan torsi 18,86 Nm / 2826 rpm. Peningkatan torsi terbesar 1,88 Nm dimiliki oleh roller weight 9 g dengan 20,74 Nm / 2220 rpm, selamjutnya terjadi penurunan sebesar 3,56 Nm pada roller weight 10 gr dengan hasil 17,18 Nm / 3000 rpm. Namun pada roller 11 g torsi menurun sebesar 17,08 Nm / 2752 rpm. Kemudian pada roller 9 g memiliki daya 8,5 hp dengan 5326 rpm, Roller 11 g memiliki daya 8,5 hp / 5551 rpm dan mengalami peningkatan pada roller 10 g dengan daya 8,6 hp /5086 rpm..
Copyrights © 2022