Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)
Vol 6, No 6 (2022)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTU ANYFLIP DAN QIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Siti Hamisah (Universitas Riau, Pekanbaru)
Caska Caska (Universitas Riau, Pekanbaru)
Sri Kartikowati (Universitas Riau, Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Menghasilkan  bahan ajar multimedia intraktif  berbantu anyflip dan quizizz pada materi peluang usaha produk/jasa. (2)Mengetahui Efektifitas belajar siswa dalam penggunaan bahan ajar multimedia intraktif  berbantu anyflip dan quizizz pada materi peluang usaha produk/jasa. (3) Mengetahui Respon siswa terhadap bahan ajar multimedia intraktif  berbantu anyflip dan quizizz pada materi peluang usaha produk/jasa. (4) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam penggunaan bahan ajar multimedia interaktif anyflip dan quizizz pada materi peluang usaha produk/jasa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Riset dan Deploment dengan  model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan bahan ajar multimedia intraktif berbantu Anyflip dan Quizizz menunjukan hasil validasi ahli materi dengan persentase penilaian setelah revisi 90 % dan peneilaian sebelum revisi 74 %  sementara hasil validasi ahli materi dengan persentase penilaian setelah revisi 89,4 % dan peneilaian sebelum revisi 81 % dengan nilai rata – rata keseluruhan 85 %. Skor rata - rata penilaian oleh guru mengenai bahan ajar multimedia Interaktif berbantu anyflip dan quzizz sebesar 82%,  sementara efektifitas yang ditunjukan oleh uji Paired Sempel t-test dari hasil penilaian dilihat  terdapat perbedaan yang signikan rata – rata nilai sebelum perlakuan dengan rata – rata nilai setelah perlakuan. Respon siswa terhadap bahan ajar multimedia interaktif berbantu anyflip dan quizizz menarik dan tidak membosankan serta materi mudah dipahami. Untuk Uji Normalitas hasil dari uji wilcoxon maka dapat diketahui bahwa peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah bahan ajar multimedia interaktif adalah sebesar -5.280^b dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 maka Ha diterima yaitu terdapat peningkatan yang signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum penerapan bahan ajar multimedia interaktif materi peluang produk barang/jasa dengan motivasi belajar siswa setelah penggunaan bahan ajar multimedia interaktif berbantu anyflip dan quizizz.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PJR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan ...