Masalah yang diangkat dalam artikel ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS materi keragaman budaya. Oleh sebab itu, diperlukan kajian untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif sebagai alternatif untuk meningkatkan pemahaman siswa apakah lebih efektif diberikan pada siswa mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 81 Palembang, khususnya pada tipe jigsaw. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif jenis eksperimen. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini efektif terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran IPS materi keragaman budaya kelas IV dengan nilai rata-rata hasil post-test pada kelas eksperimen sebesar 86,0 yang lebih unggul dibandingkan hasil post-test kelas kontrol sebesar 78,8. Uji t yang telah dilakukan setelah tindakan diperoleh hasil dengan nilai signifikan. Sehingga nilai signifikan (2-tailed) dari hasil uji t-test diperoleh nilai .000 lebih kecil dari 0,025 (0,000 < 0,025). Dari data tersebut, didapatkan bahwasanya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif diterapkan dalam pembelajaran IPS dan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2022