Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Supervisi kepala sekolah dan motivasi mengajar terhadap kedisiplinan guru PKN SMK Swasta se Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan di seluruh SMK Swasta se-Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Subjek penelitian berjumlah 69 guru PKN. Untuk menganalisa data hasil penelitian digunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (57,598>3,98) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 46,2%. Terdapat pengaruh Motivasi Mengajar Guru terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (49,185>3,98) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi Motivasi Mengajar Guru terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 42,3%. Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Mengajar Guru terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. Hal ini dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel (37,46>3,13) dengan signifikan (0,000<0,05). Dengan determinasi Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Mengajar Guru terhadap Kedisiplinan Guru SMK Swasta Se-Kota Pekanbaru. yang dihasilkan dari penelitian yaitu sebesar 53,2%
Copyrights © 2022