Indonesian Journal of Instruction
Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021

Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Ginting, Dikki Aleksander (Unknown)
Sudarma, I Komang (Unknown)
Sukmana, Adrianus I Wayan Ilia Yuda (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran masih bersifat konvensional dimana metode ceramah dan tanya jawab masih mendominasi tanpa ada variasi model lain. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis proses pengembangan dan hasil uji validitas produk multimedia interaktif. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 9 orang siswa kelas III SD Negeri 040522 Tambunan. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, multimedia interaktif memperoleh skor sebesar 91,66% dari ahli isi pembelajaran, hasil penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 93,84%, hasil penilaian media pembelajaran sebesar 92,72%, hasil dari uji coba perorangan sebesar 95,55% dan hasil dari uji coba kelompok kecil sebesar 95,83% dengan keseluruhan berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran tematik valid digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas III SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...