Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan pendidikan di Indonesia pada masa awal kemerdekaan sebelum berlakunya Rencana Pelajaran 1947, bagaimana proses terbentuknya Rencana Pelajaran 1947 dan bagaimana implementasi Rencana Pelajaran 1947 sebagai kebijakan publik dibidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Metode Heuristik. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis literatur-literatur yang berkenaan dengan sejarah Pendidikan di Indonesia Era awal Kemerdekaan, serta studi arsip (archieve study) yaitu dengan mengumpulkan arsip-arsip tentang kebijakan pemerintah dibidang pendidikan tahun 1945-1950 dan Leer Plan 1947 di Gedung Arsip Nasional dan Pusat Kurikulum Nasional. Hasil penelitian ini antara lain; bahwa setiap kebijakan di bidang pendidikan yang diimplementasikan pada masa awal kemerdekaan tujuannya antara lain untuk menanamkan nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme. Penanaman nilai-nilai tersebut dianggap urgent mengingat Indonesia pada saat itu merupakan bangsa yang baru merdeka, sehingga melalui pendidikan diharapkan mampu membangkitkan martabat bangsa Indonesia yang sebelumnya terjajah.
Copyrights © 2020