Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Vol 20, No 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

Digital Marketing dan Entrepreneurial Marketing dalam Mengoptimalkan Loyalitas Pelanggan: Peran Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi

Rina Susanti (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Lidya Rizki Ananda (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Engla Desnim Silvia (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

 Tujuan penelitian – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan entrepreneurial marketing terhadap loyalitas pelanggan Rumah Bintang Bordir dan Sulaman melalui kepuasan sebagai mediator. Desain/Metodologi/Pendekatan – Populasi adalah masyarakat kota Bukittinggi berusia 25-60 yang pernah berbelanja di Rumah Bintang Bordir dan Sulaman. Sampel berjumlah 100 pelanggan yang diambil melalui teknik sampel yaitu accidental sampling. Temuan – Secara langsung variabel digital marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap kepuasan pelanggan, variabel entrepreneurial marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap kepuasan pelanggan, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan, entrepreneurial marketing berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan (nyata) terhadap loyalitas pelanggan. Secara tidak langsung variabel digital marketing berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan dan variabel entrepreneurial marketing berpengaruh terhadap variabel loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan Keterbatasan penelitian – Penelitian ini terbatas hanya pada variabel loyalitas pelanggan dan data penelitian diambil dari 1 UMKM Bordir dan Sulaman yang ada di Kota Bukittinggi. Sehingga, hasil penelitian belum dapat disimpulkan secara general. Originalitas – Fokus penelitian terletak pada hubungan pengaruh digital marketing dan entrepreneurial marketing terhadap loyalitas pelanggan dan melihat bagaimana peran mediasi variabel kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2022