Media Bina Ilmiah
Vol. 16 No. 12: Juli 2022

PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN CONTENT-BASED INSTRUCTION (CBI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DI SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM

Lalu Mahsar (Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Studi ini meneliti peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa melalui keterampilan berbicara bahasa Inggris berbasis konten based learning. Lebih khusus lagi, penelitian ini: (1) menemukan apakah dan sejauh mana instruksi berbasis konten meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa; dan (2) mendeskripsikan situasi belajar mengajar ketika pembelajaran berbasis konten diterapkan saat pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini menerapkan teknik penelitian tindakan kelas untuk melaksanakan penelitian yang terdiri dari dua siklus, dengan empat pertemuan di setiap siklus; sedangkan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram; Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas PJW ( Perjalanan Jasa Wisata ) tahun ajaran 2019-2020. Data penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes yaitu pre-test dan post-test. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara kepada para mahasiswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif; menemukan rata-rata skor dalam tes dan peningkatan skor yang signifikan menggunakan uji-test variabel non-independen. Data kualitatif dianalisis menggunakan Metode Perbandingan-Konstan yang disarankan oleh Glaser dan Strauss yang terdiri dari langkah-langkah berikut: (1) membandingkan insiden yang berlaku untuk setiap kategori; (2) mengintegrasikan kategori dan propertinya; (3) membatasi teori; dan (4) teori penulisan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pengajaran menggunakan CBI ( Content Based Instruction ) efektif dalam dua aspek: (1) dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa: tingkat berbicara siswa meningkat; siswa dapat menjawab pertanyaan guru; siswa dapat berkomunikasi dengan lancar dengan teman-temannya dengan menggunakan tata bahasa yang benar dan kosakata yang tepat dengan pengucapan yang baik; penggunaan bahasa ibu berkurang; (2) memperbaiki situasi kelas: suasana di seluruh kelas menjadi hidup; siswa menikmati kegiatan berbicara; ada banyak kesempatan bagi siswa untuk melatih keterampilan berbicara mereka; siswa memiliki motivasi yang besar untuk belajar berbicara; berbicara menjadi mudah dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini lebih lanjut menunjukkan bahwa CBI ( Content Based Instruction ) efektif dan bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi berbicara mahasiswa dan situasi kelas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh BINA PATRIA. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang ...