Media Bina Ilmiah
Vol. 17 No. 5: Desember 2022

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN AGROWISATA HORTIMART AGRO CENTER KABUPATEN SEMARANG

Georgius Sandya Hermawan (Program Studi Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro)
Kustopo Budiraharjo (Program Studi Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro)
Migie Handayani (Program Studi Agribisnis, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Perusahaan mempunyai tujuan mencapai keuntungan tertentu melalui pertumbuhan perusahaan atau peningkatan pangsa pasar. Perusahaan dapat melakukan pengembangan pemasaran dalam menjalankan kegiatan usahanya. Tujuan pada penelitian ini yaitu 1) Menganalisis faktor internal dan eksternal. 2) Mengkaji strategi prioritas yang tepat untuk pengembangan pemasaran Agrowisata Hortimart. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2022 di Agrowisata Hortimart Agro Center, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Metode Penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Responden dalam penelitian ini sebanyak 11 orang yang ditentukan secara purposive, yaitu kepala bagian, staff perusahaan dan pengunjung. Analisis data mengunakan metode deskriptif, analisis IFAS, EFAS dan analisis SWOT. Analisis untuk menentukan prioritas strategi adalah dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan aplikasi Super Decision 2.10. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis SWOT pada perusahaan menunjukan di kuadran 1 dengan titik koordinat (x1.408, y0.914) yang dikembangkan menjadi 3 alternatif strategi SO (strength-opportunity), yaitu meningkatkan manajemen pemasaran, meningkatkan kerjasama antara pengelola dan pihak eksternal dan mengembangkan seluruh sumber daya. Hasil analisis AHP menunjukan bahwa strategi utama yang paling di prioritaskan adalah meningkatkan manajemen pemasaran Hortimart Agro Center dengan bobot 0.626 dan prioritas sub strategi dari total 12 keseluruhan adalah promosi lewat internet atau digital marketing seperti media sosial, dengan total bobot 0.230.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh BINA PATRIA. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang ...