Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran
Vol 6, No 1 (2022)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN WEBTOON DAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT SISWA KELAS XI TKRO DI SMKN 6 MALANG

Eriyanto Eriyanto (Universitas Negeri Malang)
Partono Partono (Universitas Negeri Malang)
Imam Muda Nauri (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Pendidikan adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan diri sendiri pada aspek kepribadian manusia. Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan zaman, khususnya pada aspek teknologi. Hal ini menjadikan tuntutan bagi tenaga-tenaga pendidik untuk terlatih dan terampil dalam mengajar dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Pendidikan yaitu kegiatan yang berinteraksi antara tenaga pendidik atau guru dengan peserta didik yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas mental untuk menjadikan pribadi peserta didik yang mandiri. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMKN 6 Malang didapatkan data mengenai hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI TKRO pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga dengan data rapot hasil belajar siswa yaitu 68% siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal sedangkan siswa yang telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 32% dan 71% siswa memiliki motivasi yang rendah sedangkan 29% siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi dengan memakai powerpoint yang menjadi media pembelajaran. Media pembelajaran webtoon adalah media pembelajaran yang bisa dipakai sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran webtoon dan menggunakan media pembelajaran powerpoint siswa kelas XI TKRO di SMKN 6 Malang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara menggunakan media pembelajaran webtoon dan menggunakan media powerpoint siswa kelas XI TKRO di SMKN 6 Malang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTO

Publisher

Subject

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini merupakan kumpulan artikel kajian tentang Pendidikan Teknik ...