Pada dasarnya ada dua faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikansi pemberian tugas rangkuman pra pembelajaran terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor di SMK Negeri Rowokangkung Lumajang dengan jumlah 60 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian tugas rangkuman pra pembelajaran terhadap keaktifan peserta didik, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemberian tugas rangkuman pra pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2021