Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2022)

Analysis of mathematical communication ability reviewing from learning style of students class VIII in the think-pair-share learning

Nida Triana Lathifah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuyu Yuhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share yang ditinjau berdasarkan gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan subyek penelitian enam orang siswa kelas VIII D SMPN 7 Kota Serang yang dipilih secara purposive sampling yang mewakili setiap gaya belajar. Teknik pengumpulan data dengan dilakukan dengan cara penggunaan angket gaya belajar, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan gaya belajar visual mampu dalam menghubungkan benda nyata ke dalam bentuk ide-ide matematika, mampu dalam menyajikan ide-ide matematik dalam bentuk simbol-simbol matematika, mampu dalam menjelaskan ide, situasi sehari-hari dan relasi matematik secara tertulis dengan gambar, cukup mampu memahami dan mengevaluasi ide-ide matematika dalam menyelesaikan permasalahan dan mampu dalam mengkomunikasikan kesimpulan jawaban yang sesuai dengan permasalahan yang diberikan. (2) siswa dengan gaya belajar auditorial cukup mampu untuk setiap indikator yang pertama dan mampu untuk indikator kemampuan komunikasi lainnya. (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu dalam menghubungkan benda nyata ke dalam bentuk ide-ide matematika, dan cukup mampu untuk indikator kemampuan komunikasi yang lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...