SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 7, No 1 (2022): SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA EDISI MARET 2022

ANALISIS KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA SMA KELAS X TERHADAP KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN REPRESENTATIONAL OF FORCE CONCEPT INVENTORY (RFCI)

Nurmala Ibrahim (Unknown)
Sumarni Sahjat (Unknown)
Dewi Amiroh Dewi Amiroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) mengetahui tingkat pemahaman siswa SMA  Negeri 1, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 5 kota Ternate  kelas X IPA terhadap konsep gaya ditinjau dari jawaban soal RFCI. 2) mengetahui persentase siswa SMA  Negeri 1, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 5 kota Ternate kelas X IPA yang mempunyai kemampuan pada representasi verbal, gambar, vektor, dan grafik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan  metode survei. Subjek penelitian ini adalah 90 siswa kelas X, masing-masing sekolah 30 siswa di SMA Negeri 1, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 5 kota Ternate. Pemahaman konsep gaya pada penelitian ini ditunjukkan oleh hasil tes siswa dengan menggunakan soal RFCI, sedangkan persentase siswa yang mempunyai kemampuan representasi verbal, gambar, vektor, dan grafik diperoleh dengan mengelompokkan kemampuan representasi setiap siswa kemudian dicari persentase secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa di SMA Negeri 1 kota Ternate rata-rata kemampuan  representasi 66, 167, SMA Negeri 4 nilai rata-rata 64,19, dan SMA Negeri 5 adalah  65,42. Besar persentase  siswa SMA Negeri1 kota Ternate yaitu verbal = 68,3%, gambar 70,3%, vektor  = 68% dan grafik = 47,5%.besar persentase siswa SMA Negeri 4 kota ternate yaitu verbal 68,9%, gambar  = 66,11%, vektor = 60,6%, dan grafik = 39,16%. Sedangkan persentase kemampuan representasi siswa SMA Negeri 5 kota Ternate yaitu verbal 70,5%, gambar = 74,16%, vektor = 62%, dan grafik 36,6% pada materi gaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...