Jurnal Mirai Management
Vol 7, No 3 (2022)

Perancangan Pembukaan Official Store Donita Food di Kota Medan

Mayang Daesi Sabilla ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)
Endang Chumaidiyah (Unknown)
Yudha Prambudia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Abstrak Perancangan dan studi kelayakan pada pembukaan official store Donita Food di Kota Medan dikarenakan terdapat permasalahan terkait penjualan produk Donita Food dengan tetap menjaga kualitas produk. Pada penelitian ini bertujuan untuk merancang dan melakukan studi kelayakan bisnis pembukaan official store Donita Food di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode forecasting yang kemudian diperoleh data ramalan untuk demand selama 5 tahun kedepan. Hasil penelitian pada aspek pasar diperoleh besar demand pada tahun pertama pembukaan cabang sebesar 110.490 produk per tahun. Pada aspek teknis ditentukan lokasi Donita Food berada di Kecamatan Medan Sunggal, Medan dengan luas bangunan 224 m^2 dan jumlah tenaga kerja sebanyak 7 orang. Aktivitas utama pada cabang bisnis Donita Food yaitu proses pelayanan secara langsung dan pelayanan secara tidak langsung. Pada aspek finansial diperoleh nilai NPV Rp 873.483.372, nilai IRR 42,2% dan PBP 2,82 tahun. Oleh karena nilai NPV> 0, nilai IRR > MARR 8,25% dan nilai PBP < economic life 5 tahun, pembukaan cabang bisnis Donita Food dikatakan layak untuk dijalankan. Pada cabang bisnis Donita Food memiliki tingkat sensitivitas terhadap peningkatan biaya material produk sebesar 14,46%, penurunan demand sebesar 32,15%, dan penurunan harga jual produk sebesar 31,12%. Kata Kunci: Analisis Kelayakan, Donita Food, NPV, IRR, PBP

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...