SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 14, No 2: Desember 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTS DI KABUPATEN SERANG

Siti Jumaroh (Universitas Bina Bangsa)
Hamidah Hamidah (Universitas Bina Bangsa)
Vidya Ayuningtyas (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas kurangnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) perbedaan kemampuan awal siswa;(2) kemampuan berpikir kritis yang diberikan model Snowball Throwing (3)pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa;(4) motivasi belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat, uji hipotesis, Effect Size dan persentase angket. Berdasarkan perhitungan:(1)uji-t data awal menunjukkan nilai sig yaitu 0,145 0,05;(2) uji- data akhir diperoleh nilai sig yaitu 0,00 0,05 ;(3)hasil uji Effect Size diperoleh nilai Cohen’s d =3,361;(4)hasil persentase angket motivasi sebesar 74%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1)tidak terdapat perbedaan kemampuan awal (2)kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan model Snowball Throwing lebih baik daripada konvensional;(3)pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan berpikir kritis tergolong sangat tinggi;(4)motivasi belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran Snowball Throwing tergolong kriteria baik. Kata Kunci: Snowball Throwing, Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...