Jenis penelitian ini pra eksperimen menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design yang melibatkan kelas eksperimen bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika melalui penerapan model Project Based Learning pada siswa kelas VIII MTs An-Nashar Timor-Timur Makassar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan total 25 orang Teknik Pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data penelitian ini adalah dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model Project Based Learning pada siswa kelas VIII MTs An-Nashar Timor-Timur Makassar efektif diterapkan dengan uraian sebagai berikut: (1) Peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Project Based Learning berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata gain ternomalisasi adalah 0,794, (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika melalui penerapan model project based learning berada pada kategori aktif dengan rata-rata siswa aktif sebanyak 82,60%, dan (3) Respon siswa terhadap proses pembelajaran matematika melalui penerapan model Project Based Learning mencapai 83,80 % yaitu positif.
Copyrights © 2022