Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi standar proses kurikulum sekolah penggerak dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus Dalam penelitian ini dilakukan analisis aspek-aspek pada komponen modul ajar yang telah guru rancang sebelumnya berpedoman pada dokumen-dokuman asli pemerintah yang didapat oleh guru pada saat pelaksanaan pelatihan sekolah penggerak. Dalam penyusunan modul ajar ini kendala yang dihadapi oleh guru diantaranya yaitu pada saat proses penyusunannya membutuhkan waktu yang sedikit lama. Hal tersebut karena format modul ajar ini berbeda dengan RPP yang dikembangkan pada Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil analisis pada modul ajar, modul ajar yang dirancang oleh guru sesuai dengan pedoman yang telah diberikan pemerintah, tetapi terdapat aspek-aspek pada komponen modul ajar yang belum lengkap yakni dalam merumuskan tujuan pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, pertanyaan pemantik, pemahaman bermakna, materi yang akan disampaikan serta alokasi waktu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022