Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 11, No 1 (2023)

Desain Didaktis Pada Pembelajaran Konsep Skala Untuk Kelas V Sekolah Dasar

Maskunah, Cicih (Unknown)
Fuadiah, Nyiayu Fahriza (Unknown)
Pratama, Aldora (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini untuk membuat desain didaktis konsep skala kelas V Sekolah Dasar berdasarkan analisis Learning Obstacle (LO). Menggunakan pendekatan kualitatif metode DDR (Didactical Design Research) yang meliputi tiga tahapan yaitu: 1) analisis prosfektif, 2) analaisis metapedadidaktik, dan 3) analisis retrosfektif. Berdasarkan analisis learning obstacle (LO) disusun Hypotethical Learning Trajectory (HLT) meliputi: 1) tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, 2) aktivitas pembelajaran yang mendukung tujuan, dan 3) dugaan-dugaan matematis sebagai hasil aktivitas yang dilandaskan pada level berpikir dan konsep materi dengan bantuan media dan konteks yang sesuai dengan karakter siswa, kemudian dapat merancang desain didaktis hipotetik materi konsep skala. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan desain didaktis pada materi konsep skala makalearning obstacle dapat di minimalisir.

Copyrights © 2023