Perkembangan emosi merupakan aspek patut untuk diperhitungkan untuk mewujudkan kecerdasan emosional peserta didik secara maksimal. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis perkembangan emosi anak pada penerapan Demonstration Method di Taman Kanak-kanak (TK) Mayang Dharma Wanita Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru. Populasi penelitian sebanyak 20 peserta didik. Penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen, yang terbagi dalam dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sama banyak. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji t menggunakan program SPSS versi 23. Temuan penelitian menunjukkan bahwa uji beda skor perkembangan emosi anak pre-test dan post-test kelas eksperiment t hitung sama dengan 13,892 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, dimana terjadi perbedaan signifikan perkembangan emosi peserta didik pre test dan post test sehingga dapat dikatakan bahwa demonstration method berpengaruh terhadap perkembangan emosi peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan nilai Gain diketahui bahwa demonstration method berpengaruh terhadap perkembangan emosi anak dengan kategori tinggi tujuh puluh tujuh koma lima puluh enam persen lebih besar dari tujuh puluh persen.
Copyrights © 2022