Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Penguatan Pembelajaran Sains di PAUD Saat dan Pasca Belajar dari Rumah (BDR)

Mubiar Agustin (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia)
Sabila Idzni Suryana (Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Yoga Adi Pratama (Pengembangan Kurikulum, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan anak Belajar Dari Rumah (BDR). Situasi ini memberikan pengaruh terhadap aktivitas pembelajaran anak, termasuk pembelajaran sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari kegiatan sains apa saja yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran pasca pandemi serta kendala yang dihadapinya. Pada penelitian ini juga ingin melihat sinkronisasi atas kegiatan yang telah anak lakukan di rumah dengan kegiatan nanti saat pertemuan tatap muka dilaksanakan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 462 guru PAUD di Jawa Barat. Perolehan data penelitian didapatkan menggunakan instrumet berupa soal kuisioner mengenai pembelajaran sains di PAUD yang dikumpulkan secara online melalui media googleform. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains dilaksanakan pada seluruh tema pembelajaran PAUD. Kegiatan sains yang paling banyak digunakan yaitu kegiatan mencampur warna dan merawat tanaman. Manfaat dari kegiatan sains yang paling tinggi adalah meningkatkan rasa ingin tahu. Selanjutnya, kendala yang paling banyak dirasakan yaitu operasional yang kurang mendukung. Maka, upaya sinkronisasi pembelajaran pasca pandemi dapat dilakukan dengan tetap menggunakan hal-hal yang mampu memunculkan keunggulan-keunggulan dari pembelajaran online pada pembelajaran offline seperti penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...