CV. Karya Cipta Lestari merupakan sebuah perusahaan kecil menengah yang memproduksi berbagai produk gerabah sebagai hiasan rumah ataupun sebagai wadah dari tanaman. Perusahaan ini pernah mengikuti event-event besar seperti pameran dekranas daerah, dekranas provinsi dan bahkan sampai pernah mengikuti pameran di penang fair. Akan tetapi, karena adanya masa pandemi COVID-19 ini, perusahaan mengalami penurunan penjualan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Saat ini, pandemi COVID-19 sudah mulai menurun. Maka untuk menyambut era pemasaran baru, perusahaan diharapkan melakukan persiapan untuk menghadapinya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menentukan strategi bersaing pasar agar perusahaan dapat meningkatkan kembali proses produksi dan memenuhi volume dari target penjualan yang telah ditetapkan oleh CV. Karya Cipta Lestari dengan menggunakan metode TOPSIS (Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution). Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan metode TOPSIS, maka didapatkan jarak alternatif terhadap solusi ideal (V) dengan nilai terbesar atau rangking tertinggi dari 3 alternatif kriteria target pasar sebagai strategi bersaing adalah alternatif demografis, yaitu dengan menargetkan wanita karir yang berusia 30 tahun keatas dengan nilai (V) sebesar 0,7539 (50,69%). Dan ranking tertinggi dari 3 alternatif kriteria posisi pasar sebagai strategi bersaing adalah alternatif produk, yaitu dengan memberikan kualitas produk dengan tren terkini, menjaga kontiniutas produk, dan memberikan merek produk, dengan nilai preverensi (V) sebesar 0,7450 (52,30%).
Copyrights © 2022