SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 4, No 3 (2022)

Perancangan Model Bisnis Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Strategi Pengembangan Pada CV Nakhoda Nusantara Grup (Studi Kasus pada CV Nakhoda Nusantara Grup)

Reynaldi Ramdhani (PPs STIE Amkop Makassar)
Endang Chumaidiyah (Unknown)
Yudha Prambudia (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2022

Abstract

Hasil wawancara dengan pemilik toko CV Nakhoda Nusantara Grup Bapak Jati Gunawan didapatkan tiga blok yang bermasalah dan harus dilakukan perbaikan yaitu pada blok channels, key activities, dan value proposition. Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu melakukan pemetaan model bisnis eksisting melalui wawancara dengan pemilik toko, melakukan identifikasi customer profile berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan kepada pelanggan toko, melakukan analisis lingkungan dengan menggunakan data studi literatur dan pencarian data di internet dengan tujuan untuk menganalisis peluang dan ancaman yang dimiliki oleh toko, dilakukan analisis SWOT dengan menyebarkan kuesioner SWOT kepada pihak internal toko, membuat value proposition canvas dengan mencocokan value map dan customer profile dan merancang model bisnis usulan terbaik pada CV Nakhoda Nusantara Grup. Beberapa usulan yang diberikan dalam perancangan diantaranya memperluas customer segment dengan menggunakan e-commerce dan google ads, membuat sarana feedback dari pelanggan untuk karyawan, memberikan kompensasi kepada pelanggan, menyediakan variasi model baju, desain yang selalu mengikuti tren fashion, memberikan bundling promo, membuka pembayaran secara digital dan bermitra dengan google business.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...