Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 4 (2022): October-December

Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penyelesaian Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi

Arnita Celin Ully (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dori Lukman Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Siswa dituntut untuk memiliki kemampuan literasi matematis yang baik, akan tetapi kemampuan siswa dalam penyelesaian masalah matematika masih kurang dikerahkan secara maksimal untuk itu perlu adanya kajian lebih dalam terhadap kemampuan siswa secara individual sehingga dapat diuraikan secara terperinci kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa. Dalam penelitian ini dikaji secara deskriptif kualitatif terkait kemampuan siswa dalam merumuskan situasi masalah (formulate), menerapkan matematika (employing), dan menafsirkan hasil matematika (interpreting). Subjek penelitian ini sebanyak 3 siswa yang diambil dari salah satu SMP yang ada di Bekasi pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan berupa tes soal AKM Numerasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan terdiri dari analisis hasil jawaban, menyajikan data hasil analisis, dan membuat kesimpulan. Hasil artikel ini memberikan gambaran kesulitan-kesulitan siswa dalam kemampuan literasi matematis pada penyelesaian soal AKM Numerasi. Adapun diantaranya siswa tidak mengidentifikasi aspek matematika dalam bacaan, belum mampu menerjemahkan masalah dalam rumusan matematika, belum mampu menerapkan rumus sesuai dengan prosedur, belum mampu melakukan pengukuran panjang, volume, berat serta tidak memberikan penjelasan hasil kesimpulan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...