Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 8 No 23 (2022): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Komunikasi Persuasif Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Menunaikan Zakat

Dresta Nugratama (Unknown)
Firdaus Yuni Dharta (Unknown)
Maulana Rifai (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji masalah komunikasi persuasif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Teori yang digunakan adalah teori Komunikasi Persuasif Suryanto yang didalamnya terdapat empat dimensi pendukung yaitu Kredibilitas Sumber, Pesan, Pengaruh Lingkungan dan Pemahaman Berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data yang diambil melalui teknik triangulasi yang meliputi wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Baznas DKI Jakarta belum optimal ditinjau dari dimensi kredibilitas sumber dikarenakan kurangnya hasil zakat yang diperoleh Baznas DKI Jakarta, dimensi pengaruh lingkungan akibat stigma buruk terhadap lembaga zakat di Indonesia akibat buruknya pengelolaan. dari salah satu lembaga zakat, dimensi pemahaman dan keberlanjutan dikarenakan kurangnya partisipasi khalayak di beberapa media sosial milik Baznas DKI Jakarta. Sedangkan dimensi pesan komunikasi persuasif menunjukkan hasil yang baik karena pesan yang disampaikan oleh Baznas DKI Jakarta selalu mengandung gagasan utama peningkatan kesadaran masyarakat Jakarta untuk membayar zakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...