Rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna, penyembuhan penyakit, dan pencegahan penyakit dalam masyarakat. Selain itu rumah sakit juga merupakan pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medik. Rumah sakit adalah tombak pembangunan kesehatan masyarakat. Namun tidak sedikit keluhan selama ini diarahkan pada kualitas pelayanan rumah sakit yang dinilai masih rendah oleh beberapa pihak. Rumah Sakit Pupuk Kaltim Siaga Ramania merupakan salah satu rumah sakit milik PT Kaltim Medika Utama yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Pupuk Kaltim Siaga Ramania Samarinda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua metode. Yang pertama adalah statistik inferensial yang dibantu dengan software SmartPLS 3.0 untuk menganalisis tingkat signifikansi antara variabel. Dan yang kedua adalah statistik deskriptif dengan menggunakan nilai rata-rata skor kinerja dan harapan dan dibantu dengan software SPSS 23. Dari hasil penelitian ini diketahui variable tangibles dan emphaty memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sedangkan variable reliability, responsiveness dan assurance memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan. Namun dalam penelitian ini menunjukkan ada beberapa indikator yang dianggap penting tetapi pelaksanaanya kurang baik.
Copyrights © 2019